A New Hope: Selamat Bertugas Pak Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

“The next president of Indonesia, Joko Widodo, comes into office with the high hopes of his supporters hungry for reform, and a pledge to give the world’s third biggest democracy a new form of politics.”

Setelah melewati masa – masa kampanye capres dan cawapres paling memuakkan di hidup saya, akhirnya Senin ini, 20 Oktober 2014, Joko Widodo resmi dilantik menjadi Presiden RI ke – 7. Bulan – bulan sebelum pelantikan bapak yang dikenal dengan metode blusukan nya ini, situasi dan kondisi politik Indonesia sangat panas. Pertentangan antara dua pendukung capres berbeda yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Tahun 2014 saya menjadi saksi betapa mengerikannya kefanatikan seseorang terhadap suatu tokoh dan saya menjadi saksi dimana orang – orang yang sebelumnya apatis politik menjadi yang orang – orang yang paling ganas berkoar – koar di social media. Ada waktu – waktu yang membuat saya bergidik mengingat masa kampanye, dimana untuk detik – detik yang terasa begitu lama saya merasa bahwa Indonesia telah dipecah menjadi dua hanya karena pilihan presiden yang berbeda. Sementara saya berpikir bahwa pembangunan sosial – ekonomi yang berhasil hanya akan  dapat dicapai apabila ada kesamaan cita – cita dan misi dari seluruh rakyat Indonesia.

Ternyata kekhawatiran saya berlebihan, untungnya kekhawatiran saya berlebihan. Hari ini pun saya yang telah mendukung Prabowo dari awal pencapresan hingga si bapak menjadi sedikit gila dan dibutakan oleh ambisi akhirnya memilih untuk bersorak dengan ratusan juta masyarakat Indonesia lainnya atas terpilihnya Joko Widodo (nee Jokowi). Kepercayaan saya dan harapan yang saya taruh pada Jokowi tidak bersumber pada kesukaan pribadi saya kepada Jokowi atau kepercayaan saya terhadap Jokowi sebagai tokoh messiah sang Juru Selamat, tetapi lebih kepada kepercayaan luar biasa yang dimiliki oleh ratusan juta rakyat Indonesia lainnya kepada Jokowi. Saya mengenal banyak orang – orang hebat yang mendukung Jokowi mati – matian, yang memuja Jokowi seakan Jokowi adalah messiah yang dapat mengangkat harkat martabat rakyat Indonesia, yang akan membawa kami rakyat Indonesia dari titik kegelapan ke tempat yang lebih terang. Tentunya ada alasan yang membelakangi kenapa begitu banyak orang hebat di Indonesia mendukung Jokowi dengan sepenuh hati dan secara sukarela. Preferensi bukanlah hal yang mudah dipahami, ada banyak hal yang membentuk preferensi seseorang dan saya tidak tertarik untuk membahas hal tersebut. Biarlah saya menjadi INFP sejati yang mengandalkan feeling dan membiarkan intuisi saya untuk mengamini pilihan orang – orang hebat ini yang telah jatuh pada Jokowi.

Namun sejujurnya, kecintaan saya bukanlah pada Prabowo atau pada Jokowi atau pada partai Gerindra atau PDIP tetapi kepada bangsa ini, kepada bangsa Indonesia yang besar, makmur, gemah ripah loh jinawi. Biarlah sebelumnya kami bercekcok masalah siapa presiden yang tepat untuk bangsa, tapi janganlah lupa bahwa sebagai warga negara kita juga memiliki kewajiban dan tidak melulu hanya menuntut hak. Saya akan mendukung Jokowi dan siapapun presiden Indonesia di masa depan nanti dengan cara menjunjung tinggi harkat martabat bangsa melalui pekerjaan apapun yang saya lakukan, karena pada akhirnya apapun yang saya lakukan saya lakukan untuk perjuangan bangsa ini. Agar suatu saat nanti mimpi saya untuk Indonesia yang terdidik dan dihargai di mata internasional dapat terwujud. Agar kami menjadi bangsa yang benar – benar merdeka, terlepas dari penjajahan dalam bentuk kebodohan dan rasa rendah diri akibat kemiskinan.

Selamat bertugas bapak Joko Widodo, presiden pilihan rakyat, presiden yang disanjung oleh rakyat. Semoga sanjungan tidak melambungkanmu ke langit ketujuh dan membuatmu lupa bahwa ditanah lah tempatmu berasal, bersama kami para rakyat yang menggantungkan harapan dan cita – cita kepadamu. Selamat bertugas dan selamat karena telah menanamkan harapan pada kami rakyat Indonesia bahwa presiden tidak selamanya harus datang dari golongan elit namun juga dapat berasal dari tukang mebel di Solo sekalipun. Selamat bertugas bapak Jusuf Kalla yang selalu saya kagumi, bapak adalah negarawan yang sangat cakap dan begitu piawai dalam menjadi inisiator dan penggerak. Selamat bertugas bapak Presiden dan Wakil Presiden. Mari sama – sama membangun bangsa ini untuk 5 tahun kedepan.

“Gue dukung Jokowi soalnya ini pertama kalinya ada presiden yang bukan dari kalangan elit, orang kaya lama, petinggi partai, atau anaknya pejabat lama. Dia ini harapan baru Chos!” – Seorang teman pendukung Jokowi kepada saya 3 bulan lalu, ditengah perdebatan kami kenapa saya memilih Prabowo dan dia memilih Jokowi.

Tinggalkan Balasan

